Pages

Subscribe:

Senin, 05 Juli 2010

Peran Air Laut Dalam Membantu Tingkatkan Kadar Antioksidan

Peran Air Laut Dalam Membantu Tingkatkan Kadar Antioksidan

altIlmuwan melaporkan, menyiram tomat dengan air bercampur air laut dapat membantu tingkatkan kadar antioksidan. (PUBLIC-DOMAIN-PHOTOS.COM)
Ilmuwan di Italia melaporkan bahwa menyiram tanaman tomat dengan air bercampur air laut dapat meningkatkan antioksidan melawan penyakit dan kemungkinan dapat mengarah kepada konsumsi buah yang lebih sehat.
Selain sering digunakan di berbagai hidangan makanan, tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang paling sering ditanam orang. Ilmuwan mengaitkan tomat dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk proteksi melawan kanker prostat dan penyakit jantung.
Para peneliti memang mengetahui bahwa air laut tidak dapat menstimulasi pertumbuhan tomat, namun mereka hanya mengetahui sedikit mengenai manfaat air laut terhadap kandungan nutrisi sayur-sayuran.
Dalam sebuah studi terbaru, Riccardo Izzo dan rekan-rekan mengembangbiakkan tomat ceri dengan dua cara. Cara pertama adalah disiram dengan menggunakan air biasa dan cara ke dua disiram dengan air yang bercampur 12 persen air laut. Para peneliti menemukan bahwa tomat masir yang tumbuh di air asin menunjukkan kadar Vitamin C, Vitamin E, asam dihidropolik dan asam klorogenik yang lebih tinggi.
Seluruh substansi tersebut merupakan antioksidan yang berfungsi melawan penyakit jantung, kanker, penuaan, dan kondisi lain. Menggunakan air asin dalam pengairan tanaman tomat nampaknya juga menjadi alternatif yang menjanjikan bagi irigasi air, terutama  di jaman modern saat semakin berkurangnya pasokan air di beberapa belahan dunia, kata peneliti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar