Pages

Subscribe:

Minggu, 25 April 2010

pengertiannya Lapisan Ozon

Lapisan Ozon adalah lapisan di atmosfir pada ketinggian 19-48 km (12-30 mil) di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul Ozon. Konsentrasi di lapisan ini mencapai 10 ppm dan berbentuk akibat pengaruh sinar Ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen. Peristiwa ini terjadi semenjak berjuta- juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil.
Ozon adalah gas beracun sehingga bila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya bila terhisap dan dapat merusak paru-paru. Sebaliknya, lapisan ozon di atmosfer melindungi kehidupan di Bumi karena ia melindunginya dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker.
ozone_3
Bahan kimia klorofluorokarbon (CFC) yang biasa digunakan sebagai media pendingin atau gas pendorong spray aerosol memberikan ancaman besar bagi lapisan ini. Biasa terdapat pada (kulkas, AC, kaleng sempot pada pengharum ruangan, penyemprot rambut dan parfum, pembuatan busa dan bahan pelarut terutamanya bagi kilang-kilang elektronik)
Lubang Ozon
Lubang Ozon di Antartika disebabkan oleh penipisan lapisan ozon antara altitud tertentu seluruh Antartika pada musim bunga. Pembentukan ‘lubang’ tersebut berlaku setiap bulan September dan pulih ke keadaan normal pada lewat musim bunga atau awal musim panas.
Dalam bulan Oktober 1987, 1989, 1990 dan 1991, lubang ozon yang dalam telah diperhati bagi seluruh Antartika dengan kenaikan 60% pengurangan ozon berbanding dengan paras lubang pra-ozon. Dalam Oktober 1991, paras terendah atmosfera ozon yang pernah direkodkan telah berlaku di seluruh Antartika. Terdapat dua sebab utama bagi ‘lubang’ – peningkatan CFC di atmosfera, dan keunikan persekitaran bagi cuaca pada musim sejuk seluruh Antartika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar